Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png
  • KAD Firma Arsitektur

Mengintip Arsitektur Marrina Barrage Singapura di Sore Hari

Updated: Sep 10, 2019


Singapura memang tidak ada habisnya menjadi laboratorium arsitektur dunia. Kali ini K+AD akan mengajak kalian mengenal lebih tentang Marrina Barrage di Singapura. Lokasinya tidak begitu jauh dari Garden By The Bay, tetapi akses dengan transportasi publik untuk menuju kesana memang masih sulit. Hanya ada 1 bus yang akan mengantar sampai depan pintu gerbang Marrina Barrage, yaitu bus bernomor 400. Untuk transportasi menggunakan MRT, tujuan Bayfront adalah yang terdekat, walaupun masih harus berjalan kurang lebih 1-2 km.

Marrina Barrage ini merupakan bendungan untuk menyuplai air bagi masyarakat Singapura serta membantu mencegah banjir. Namun uniknya, rooftop bangunan ini digunakan sebagai taman rekreasi keluarga. Dataran hijau di tepi perairan dengan pemandangan kota Singapura dari atas merupakan nilai tambah bagi bangunan ini. Ini merupakan contoh yang konkrit terhadap perilaku dalam arsitektur. Arsitektur menciptapkan fungsi dan perilaku bagi penggunanya. Marrina Barrage ini sangat digemari ketika pagi dan sore hari. Baik anak muda yang sedang diskusi tugas sekolah, keluarga yang sedang piknik dan bermain layangan hingga orang-orang yang datang hanya untuk berolahraga.

Dibangun di muara Marina Channel selebar 350 meter , Marina Barrage menciptakan 15 reservoar di negara ini yang memasok sekitar 10 persen kebutuhan air negara ini. Dalam membantu untuk mengurangi banjir di beberapa area pulau yang letaknya lebih rendah dari Singapura, selama musim hujan rangkaian sembilan gerbang di bendungan akan dibuka untuk melepaskan air hujan yang berlebih ke laut saat air laut surut. Ketika ombak pasang, pompa raksasa akan mengalirkan air ke laut. Bendungan ini bahkan menggunakan lebih dari 400 panel listrik untuk penerangan di siang hari.

Untuk info dan gambar lainnya dari bangunan Marina Barrage bisa dilihat di link berikut ini:

https://www.pub.gov.sg/marinabarrage/aboutmarinabarrage

Batam, 20 Desember 2017

K+AD Firma Arsitektur

Dokumentasi : K+AD Firma Arsitektur

Channel Youtube : K+AD Firma Arsitektur

Instagram : @kadfirmaars

Website : www.kadfirmaarsitektur.com

#architecture #desain #arsitektur #desainhostel #staycation #singapura #arsitekturarsitektur #marrinabarrage #reviewdesain #parametric #arsitektursingapura #triptosingapore #modern #beautiful #art #project #singaporedesign #review #buildings #jalanarsitek #citylife #intagood #city #studio #firm #archdaily #render #modernarchitecture #design #love #instapic

15 views