top of page
  • Writer's picturedella Soelistyawati

Keunikan Arsitektur The Star Vista Singapura

Updated: Sep 10, 2019


Singapura adalah surga belanja! Hal ini sudah tidak aneh lagi karena hampir disetiap sudut di pusat kota Singapura dapat dijumpai mall yang terkenal dengan suasana glamour dan barang-barang branded-nya. Selain itu, mall-mall di Singapura juga terkenal dengan keunikan desain bangunannya. Tidak jarang wisatawan mendatangi mall tersebut hanya untuk berfoto di depan bangunan.

Star Vista di siang hari (picture : K+AD Firma Ars)
(picture : aedas-archdaily)

The Star Vista adalah salah satu mall di Singapura dengan desain arsitektur yang ikonik. Terletak di kawasan Buona Vista, mall ini berdiri dengan keunikannya di depan hamparan lapangan yang luas. Didesain oleh Andrew Bomberg dari Aedas, bangunan yang berlandaskan inovasi dan kreatifitas ini berhasil mencuri perhatian pengunjungnya karena mirip dengan pesawat luar angkasa yang mendarat di bumi.

Pada tata ruangnya, open plaza adalah wujud bentukan dari konsep welcoming social yang diterapkan untuk mendukung komunitas yang membutuhkan ruang untuk pameran, perkumpulan dan pertunjukan.Terdiri dari 3 lantai, The Star Vista diisi oleh retail dan area publik di lantai 1 dan 2, sedangkan lantai 3 merupakan theater dengan kapasitas 5000 kursi. Bangunan ini juga dilengkapi pedestrian yang terus terhubung dari lantai dasar sampai ke stasiun MRT Buona Vista.

Open space di dalam The Star Vista (picture : K+AD Firma Ars)

Bangunan ramah pejalan kaki (picture : K+AD Firma Ars)

Selain bentuk uniknya, bangunan ini juga memperhatikan konsep peduli lingkungan. Dengan desain bangunan yang semi-outdoor, bangunan ini meminimalisasikan penggunaan lampu dan ac sehingga angin tetap berhembus ke ruang-ruang, penanaman kembali pohon yang ditebang saat proses konstruksi, penyediaan parkir untuk pengguna sepeda, penyediaan area charging untuk hybrid dan motor elektrik, dsb. Sedangkan untuk mengefisiensi penggunaan listrik, lift dan escalator menggunakan sleep mode, lampu pada tangga dan toilet menggunakan lampu sensor dan kipas ans dengan sensor CO digunakan di area parkir untuk mengurangi konsumsi energi.

Star Vista di malam hari (picture : K+AD Firma Ars)

Batam, 26 Desember 2017

K+AD Firma Arsitektur

Dokumentasi : K+AD Firma Arsitektur

Channel Youtube : K+AD Firma Arsitektur

Instagram : @kadfirmaars

Website : www.kadfirmaarsitektur.com

168 views1 comment

Recent Posts

See All

K+AD
F I R M A  A R S I T E K T U R

bottom of page