• della Soelistyawati

Tahun Baru di 'Dunia Avatar' Gardens by The Bay Singapura

Updated: Sep 10, 2019


Belum ke Singapura jika belum mengunjungi Gardens by The Bay. Taman dengan luas mencapai 100 hektar ini sering disebut sebagai dunia Avatar karena bentuk arsitekturnya yang menyerupai tempat tinggal di film Avatar. Didesain oleh konsultan arsitek dari Inggris Grant Associates dan arsitek lansekap Wilkinson Eyre, taman ini merupakan kebun raya pertama dan terbesar yang menjadi salah satu landmark negara Singapura.

Gardens by The Bay terdiri dari 3 Bangunan utama yaitu Cloud Forest, Flower Dome dan The Supertrees yang merupakan sebuah bukti dari komposisi bentukan antara alam dan teknologi. Bangunan dan lansekapnya seirama membentuk tatanan kompleks taman yang indah.

Cloud Forest adalah sebuah hutan awan dengan taman-taman di dalamnya. Bangunan ini seperti gunung setinggi 35 meter diselimuti kabut dan tanaman yang rimbun mengelilingi air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia.

Flower Dome adalah kubah yang terbuat dari kaca dan berisi koleksi tanaman-tanaman. Suhu ruangan dalam bangunan ini diatur sesuai musim bunga yang akan dipamerkan setiap bulannya.

Sedangkan, The Supertrees adalah kebun raya terbesar di antara semuanya. Terinspirasi oleh anggrek, desainnya mirip dengan bunga kebanggaan nasional, Vanda 'Miss Joaquim'. Kebun raya vertikal berbentuk pohon ini tingginya sekitar sembilan sampai 16 lantai. Disini terdapat jembatan gantung di antara dua Supertrees untuk menikmati pemandangan kebun raya.

Arsitektur Gardens by the Bay juga indah untuk dilihat di malam hari. Permainan antara cahaya dan suara di bangunan ini akan dipertunjukan di Garden Rhapsody di antara Supertrees.

Saat menjelang natal hingga tahun baru, permainan cahaya di Gardens by The Bay akan lebih gemerlap lagi. Banyaknya elemen instalasi seni di setiap sudut taman mendekorasi hampir seluruh area Gardens by The Bay.

Untuk informasi lainnya tentang Gardens By The Bay bisa dilihat di link berikut ini :

http://www.gardensbythebay.com.sg/en.html

Batam, 1 Januari 2018

happy new year !!

K+AD Firma Arsitektur

Dokumentasi : K+AD Firma Arsitektur

Channel Youtube : K+AD Firma Arsitektur

Instagram : @kadfirmaars

Website : www.kadfirmaarsitektur.com

#triptosingapore #singaporedesign #garden #by #the #bay #architecture #singapura #desain #arsitektur #hotelreview #review #design #arsitektursingapura #reviewdesain #love #art #parametric #modern #beautiful #project #citylife #intagood #3d #firm #buildings #jalanarsitek #modernarchitecture #city #studio #archdaily #buildingreview #render #instapic

0 views

Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png