• della Soelistyawati

Ekspresi Struktur DNA pada Helix Bridge Singapura

Updated: Sep 10, 2019


Helix Bridge merupakan jembatan penyeberangan sepanjang 280 meter dengan luas area 3.5km yang dibuat khusus untuk pejalan kaki dan pengguna sepeda untuk menghubungkan Central Business District dengan Bayfront District di Singapura.

Jembatan yang terletak tepat di samping Benjamin Sheares Bridge ini dibuka secara resmi pada 24 April 2010 dan merupakan jembatan lengkung pertama di dunia. Helix Bridge terdiri dari sebuah jalan setapak yang dikelilingi oleh struktur double helix dimana struktur tersebut saling berlawanan dengan menggunakan material stainless steel. Desain jembatan ini terinspirasi dari susunan helicoidal geometris DNA yang dipandang sebagai simbol kontinuitas dan renewal.

Jika diperhatikan lebih detail, lantai jembatan ini memiliki lampu-lampu dengan huruf C dan G, juga A dan T. Huruf ini bukan kode, sandi morse, ataupun angka togel, tapi merupakan simbol dari 4 basis DNA yaitu Cytosine dan Guanine serta Adenine dan Thymine.

Kanopi dipasang pada bagian spiral dalam jembatan untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari secara langsung dan hujan deras mengingat Negeri ini beriklim topis.

Helix memiliki empat tempat strategis berbentuk balkon untuk melihat pemandangan yang berada di kawasan Marina Bay dan Merlion Park. Pada malam hari, jembatan ini akan diterangi oleh serangkaian lampu yang menyoroti struktur double-helix, sehingga menciptakan pengalaman yang memanjakan visual para pengunjung.

Sebenarnya, permintaan awal pembangunan jembatan ini cukup sulit, dimana jembatan ini harus ikonik, dapat menghubungkan pedestrian dari arah Marina Bay menuju Marina Center secara “seamlessly” dan tentu saja aman.

Maka dari itu Cox Architecture , A61 Architect serta Arup sebagai structur engineer berkolaborasi untuk mewujudkan jembatan tersebut yang terbukti menjadi salah satu ikon Negeri Singapura.

Untuk info dan gambar lainnya tentang The Helix Bridge Singapura bisa dilihat dari link dibawah ini :

https://www.archdaily.com/185400/helix-bridge-cox-architecture-with-architects-61

Batam, 20 Januari 2018

K+AD Firma Arsitektur

Dokumentasi : K+AD Firma Arsitektur

Channel Youtube : K+AD Firma Arsitektur

Instagram : @kadfirmaars

Website : www.kadfirmaarsitektur.com

#arsitekindonesia #triptosingapore #arsitektursingapura #design #singapura #the #singaporemall #firm #reviewdesain #modern #arsitekturarsitektur #beautiful #art #singaporedesign #project #review #buildingreview #buildings #parametric #intagood #city #archdaily #studio #desain #helixbridge

0 views

Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png