• della Soelistyawati

Warna Warni India di Rumah Tan Teng Niah

Updated: Sep 10, 2019


Selain sebagai laboratorium bangunan pencakar langit, Singapura juga kaya akan bangunan bersejarah dan budaya. Adanya beberapa area pemukiman seperti Chinatown (Kampung Cina), Kampong Glam (Kampung Arab) , Little India (Kampung India) dan Bugis (Kampung Melayu) melahirkan bangunan-bangunan dengan ciri khas budaya masing-masing.

Namun ada yang unik di Jalan Kerbau di kawasan Little India. Pada tahun 1900, sebuah villa milik seorang pedagang Cina berdiri disini. Villa ini merupakan villa terakhir milik etnis Cina yang berada di kawasan Little India. Villa ini merupakan saksi kisah ketika industri kecil Cina beroperasi di samping usaha ternak dan rotan di Little India.

Tan Teng Niah adalah seorang penata rambut yang memiliki beberapa pabrik pembuatan kue manis dan permen dari tebu di sepanjang Serangoon Road. Di belakang rumahnya, Tan memiliki cerobong asap untuk mengeringkan karet yang digunakan sebagai bahan bakar untuk tungku. Rumah Tan Teng Niah ini terdiri dari delapan ruangan. Lantai 1 rumah ini menjorok kedalam karena digunakan sebagian untuk area pejalan kaki.

Di kedua sisi rumah ini, terdapat gerbang menuju halaman. Pintu pagar (bahasa Melayu untuk "mengayunkan setengah pintu kayu") diukir dengan indah. Di atas pintu masuk terdapat papan nama berlapis emas dengan tulisan kaligrafi Siew Song ("pinus elegan" atau "pinus halus" dalam bahasa Mandarin). Bagi orang Cina, pinus menunjukkan daya tahan dan mengekspresikan aspirasi mereka. Banyak yang percaya bahwa Tan membangun rumah untuk istrinya dan prasasti tersebut merujuk kepadanya.

Pada tahun 1980an, Rumah ini dipugar dengan pemberian warna warni seperti layaknya rumah-rumah di kawasan Little India namun tetap terdapat beberapa ornamen ciri khas Cina serta dilestarikan untuk penggunaan komersial, dan proyek restorasi tersebut dianugerahi Singapore Institute of Architects Honorable Mention pada tahun 1991.

Untuk info dan gambar lainnya tentang Rumah Tan Teng Niah bisa dilihat dari link dibawah ini :

http://www.littleindiadirectory.com/singapore/business/residence-tan-teng-niah/

Batam, 2 Februari 2018

K+AD Firma Arsitektur

Dokumentasi : K+AD Firma Arsitektur

Channel Youtube : K+AD Firma Arsitektur

Instagram : @kadfirmaars

Website : www.kadfirmaarsitektur.com

#eklektik #arsitektureklektik #tantngniah #chinahouse #littleindia #kad #triptosingapore #arsitektursingapura #singapura #reviewdesain #arsitekturarsitektur #singaporedesign #jalanarsitek #kad #kadfirmaarsitektur #parametric #beautiful #art #modernarchitecture #intagood #buildingreview #buildings

139 views

Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png