• della Soelistyawati

'Switch Off, Turn Up!' di Festival I Light Marina Bay

Updated: Sep 3, 2019


I Light Marina Bay merupakan pekan festival lampu yang diadakan oleh URA Singapura setiap tahunnya. Diselenggarakan dari 9 Maret-1 April 2018, festival ini dimeriahkan oleh 22 instalasi seni lampu yang menerangi kawasan Marina Bay.

Mengapa kamu harus kesana tahun depan?

Selain sebagai ajang festival seni lampu yang meriah, festival ini merupakan pameran karya seni dari seniman lokal Singapura juga seniman di seluruh dunia. Karya-karyanya tidak jarang sarat akan pesan dan makna. Dengan pesan kampanyenya yaitu 'Switch Off, Turn Up", festival ini mengajak bangunan-bangunan disekitar Marina Bay untuk mematikan pencahayaan yang tidak diperlukan dan menaikan suhu AC selama jam kantor. Hal ini menjadi langkah komitmen dari tahun ke tahun untuk Singapura dengan masa depan yang berkelanjutan. Berikut beberapa instalasi seni yang K+AD datangi selama festival.

1. Dreamscape oleh Magdalena Radziszewska | Poland

Selama berabad-abad, sifat supranatural dan magis telah dikaitkan dengan bunga. Sering digunakan dalam dongeng dan legenda dari waktu ke waktu, bunga telah mempertahankan aura supranatural dan magis mereka. Pemasangan banyak anggrek raksasa di Mist Walk akan membawa pengunjung ke dunia mimpi dan fantasi, di mana mereka dapat mengalami visi imajinasi masa kecil mereka.

2. Light Play oleh School of Art, Design and Media and School of Electrical and Electronic Engineering, Nanyang Technological University | Singapore

Instalasi ini mengajak pengunjungnya untuk bermain dalam relaksasi dan menghasilkan interaksi sosial antar sesama pengunjung karena lampu hanya akan menyala apabila beberapa pengunjung bekerja sama menyinari tabung lampu dengan smartphone-nya.

3. Kloud oleh School of Interactive and Digital Media, Nanyang Polytechnic | Singapore

Kloud adalah instalasi lampu interaktif yang menghubungkan orang-orang dan warna-warna emosi mereka yang selalu berubah. Untuk interaksi fisik, pengunjung dapat menyentuh awan untuk memainkan lampunya. Fluktuasi ini menunjukkan aliran dan transisi emosi di dalam manusia. Aplikasi web yang menyertainya memperluas pengalaman ini menjadi interaksi digital dan menyediakan sarana bagi para peserta untuk mengekspresikan emosi mereka ke instalasi fisik. Mereka dapat memilih dan mengubah warna pada berbagai permukaan melalui aplikasi.

4. Chandelier of Spirits oleh Living Spirits | Thailand

Kopi merupakan minuman penting bagi banyak pekerja kantor di Singapura, yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan kesuksesan negara. Sebagai simbol semangat kerja yang keras dan dapat dilakukan oleh tenaga kerja Singapura, botol minuman dingin Dingin - simbol tenaga kerja yang tangguh dan tangguh - dikumpulkan untuk membuat instalasi ini yang menerangi kota setelah matahari terbenam, cara yang sama seperti mereka menyalakan energi kami selama siang hari. Chandelier of Spirits tidak hanya bersinar lebih terang ketika ada lebih banyak orang di sekitarnya, tetapi juga menyanyi dan menciptakan suara lonceng yang harmonis ketika angin bertiup.

5. MailboX oleh Christopher Simpson, Isabella Bain, Khanh Nguyen, James Rotanson, Anthony Zeater & Steven Bai | Australia

MailboX dibangun untuk menginspirasi individu agar lebih terhubung positif dengan percakapan verbal dan tertulis. Menerima surat dari teman yang baik dulunya adalah praktik umum tetapi sayangnya dengan mengikuti perkembangan zaman, surat sudah mulai ditinggalkan.

6. Passage oleh Serge Maheu | Canada

Passage adalah karya seni yang mendalam, minimalis, kontemplatif dan interaktif yang mengeksplorasi hubungan emosional yang kita kembangkan dengan cahaya dan suara. Konsep karya seni berakar pada definisi kata "bagian" itu sendiri: tindakan bergerak melalui atau melewati sesuatu dalam perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, dan juga proses transisi dari satu negara ke negara lain dalam dimensi temporal . Lorong melalui terowongan mengaktifkan animasi dan suara ringan.

7. Octopoda oleh amigo and amigo | Australia

Octopoda merupakan karya seni berbentuk gurita dengan 8 tentakel yang berbentuk drum dengan warna dan cahaya masing-masing yang menghasilkan warna pada kepala octopoda apabila setiap drum dipukul.

8. Evergreen oleh Limelight | Hungary

Evergreen adalah karya yang mengeksplorasi bagaimana dunia dapat menjadi tradisional tetapi modern, organik dan alami tetapi berteknologi tinggi dan digital, robot tetapi manusia pada saat yang sama.

dan masih ada 12 instalasi lampu lainnya yang memeriahkan kawasan Marina Bay. Untuk mengetahui info mengenai I Light Marina Bay 2019 dapat dilihat di website berikut ini :


https://www.ilightmarinabay.sg/

#urasingapore #triptosingapore #singapura #arsitektursingapura #arsitekturarsitektur #kadfirmaarsitektur #arsitek #jalanarsitek #arsitektur #arsitekturhotel #arsitekbatam #arsitekindonesia #singaporedesign #ilight #marinabay

28 views

Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png