• della Soelistyawati

a Week of Paulus Mintarga - KAD bicara Rumah Turi

Updated: Sep 3, 2019


Arsitektur Solo sangat kental dengan Keraton Kasunanan Surakarta yang khas dan legendaris. Kota ini telah berdiri lebih dari 250 tahun dengan tata kota yang modern karena dipengaruhi oleh Belanda. Selain itu, perkampungan di Solo dipenuhi beragam arsitektur rumah gedung dengan ornamen hiasan dan model rumah gaya campuran Eropa-Jawa-Tiongkok.

Diantara berbagai gaya arsitektur di Solo, Rumah Turi lahir di pusat kota Solo dengan membawa gaya tropis minimalis yang berkonsep pada hemat energi dan ramah lingkungan. Didesain oleh Paulus Mintarga, bangunan yang berfungsikan sebagai hotel ini telah meraih juara ASEAN Energy Awards 2012 .

Dimulai dari Lobby dan Restaurant semi-outdoor yang memudahkan ruangan mendapatkan pencahayaan dan penghawaan alami, kemudian lingkungan hotel yang dibuat asri dengan berbagai tanaman dan pengolahan air untuk menciptakan 'embun palsu' di depan pintu kamar berupa nozzle yang dipasang dengan jarak 60 cm di depan kamar sehingga mengatur iklim di area hotel menjadi lebih sejuk. Totalitas terus terlihat disetiap sudut desain Rumah Turi. Konsep hemat energi juga diwujudkan dalam desain kamar tidur dengan taman pribadi untuk kebutuhan ventilasi alami, juga pada kamar mandi yang terdapat jendela untuk cahaya dan penghawaan alami.

Desain ini didukung juga dengan penggunaan material bata ekspos, kayu, tegel dan genteng tanah liat yang ramah lingkungan. Untuk jenis lampu digunakan lampu LED pada kamar dan ruangan lainnya serta solar panel untuk air panas di kamar mandi. Dengan pengaturan iklim mikro dan makro pada lingkungan hotel, Rumah Turi ini mampu menekan penggunaan lampu di siang hari juga AC di malam hari.

WHAT DO WE THINK?

Setelah mencoba langsung bermalam di Rumah Turi, seluruh penjelasan dan konsep diatas adalah benar adanya. Suasana 'desa' betul-betul terasa padahal hotel ini berada di tengah kota. Walau cuaca Solo sangat panas, ketika masuk ke lingkungan hotel ini udara berubah menjadi sejuk karena angin yang meniup tanaman-tanaman di bangunan dan di malam hari, bunyi serangga yang menyanyi menjadi backsound hotel yang alami. Rumah Turi ini merupakan oase yang berada di jantung kota Solo.

#konsultan #batam #kad #arsitekindonesia #jakarta #reviewdesain #kadfirmaarsitektur #firm #arsitek #jalanarsitek #arsitektur #arsitekturhotel #arsitektursolo #solo #centraljava #paulusmintarga #rumahturi #eco #green #sustainable #design #aweekofpaulusmintarga

161 views

Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png