• della Soelistyawati

KAD bicara Architect Digivolution

Updated: Aug 29, 2019


Pada ajang tahunan yang ke-17, PT Debindo ITE mengadakan acara IndoBuildTech 2019 di ICE BSD-City pada tanggal 20-24 Maret 2019 dengan tema “Establishing Architecture 4.0”. Pada acara ini K+AD berkesempatan untuk berpartisipasi menjadi salah satu konsultan arsitek yang dapat mengikuti pameran di area IN.CEP.TION.

Selama pameran tersebut, K+AD juga berkesempatan mengisi salah satu acara yang diadakan oleh SKALA Academy yang merupakan sebuah sharing session dengan judul “Architect Digivolution – Some People Stay but Not Us”. Pada acara ini beberapa arsitek yang menjadi pembicara antara lain: Benido Joy (CEO of K+AD Firma Arsitektur), Ahmad Shiddiq (CEO of ATTAYA Architects), dan Remi Triadi (3D Artist & Creative Director at KUNKUN 3D) yang dipandu oleh Bhima Rahadi (BIM Coordinator at PDW Architects) sebagai moderator diskusi.

Pada acara Architect Digivolution, K+AD membawa tema “Presenting Ideas as Fun as You Are Gaming” yang berangkat dari revolusi industri 4.0 dan juga memiliki pengaruh pada dunia arsitektur. Dengan semakin berkembangnya teknologi, mempresentasikan ide kepada awam dapat dikemas menjadi sesuatu yang lebih menarik dan menyenangkan dengan menggunakan teknik “gaming”.

Cara yang dapat memudahkan dalam presentasi seperti “gaming” yaitu dengan VR (Virtual Reality) dan juga AR (Augmented Reality). Teknologi VR ini dapat digambarkan seperti kartun Digimon, dimana kita memasuki dunia virtual, sedangkan AR dapat digambarkan seperti kartun Pokemon, dimana dunia virtual dibawa kedalam dunia nyata.

Teknologi VR dapat membantu kita untuk mengerti konsep desain yang diberikan oleh arsitek dengan merasakan langsung suasana bangunan. Kita dapat merasakan sekeliling ruangan, berjalan, menggerakan barang-barang hingga mengganti material elemen bangunannya. Dengan cara ini, kita dapat dengan mudah mengerti dan menentukan keinginannya pada sebuah bangunan. VR dalam arsitektur ini juga dijelaskan lebih lengkap oleh Remi Triadi, dan dapat dicoba langsung di booth KUNKUN 3D pada pameran IndoBuildTech 2019 ini.

Berbeda dengan VR, konsep pada AR yaitu kita memindahkan dunia virtual kedalam dunia nyata dengan bantuan gadget. Arsitek dapat mempresentasikan bentuk 3d bangunan kepada awam dengan mudah dengan berbagai skala, bahkan bisa menunjukkan skala bangunan 1:1 atau seperti ukuran aslinya.

“Mainan” lainnya yang juga dapat digunakan untuk mempermudah mempresentasikan ide pada awam yaitu dengan BIM. BIM dapat menjelaskan setiap komponen dalam bangunan. Mainan ini lebih ditujukan untuk memudahkan komunikasi antara arsitek dengan klien ataupun kontraktor bangunannya.

K+AD sendiri sudah melakukan hal ini sejak lama. Dengan teknologi ini, K+AD dapat dengan mudah mempresentasikan ide desainnya kepada klien, karena dengan merasakan langsung ruangan dan bangunannya, para klien menjadi lebih memahami ide dari para arsiteknya. Karena terkadang, dengan hanya melihat gambar kerja, para klien kurang memahami ide dari para arsitek. BIM disini juga dapat membantu mempermudah proses konstruksi dengan memberikan informasi setiap elemen dari bangunan mulai dari dimensi hingga letak dari elemen tersebut.

Metode presentasi ide ini juga dapat memudahkan meeting dengan klien walaupun terpisahkan oleh jarak yang jauh. Dengan menggunakan gadget masing-masing, arsitek dengan klien dapat berbagi data BIM dengan mudah. Klien yang ingin memberi masukan atau revisi pada konsep bangunan juga dapat dengan mudah mengkomunikasikan kepada arsiteknya.

Setelah sesi tanya jawab dan diskusi, acara ini ditutup dengan launching aplikasi SKALA Go, yang merupakan sistem pembelajaran online mengenai arsitektur oleh SKALA Academy dan dilanjutkan foto bersama peserta Architect Digivolution.

#KAD #IndoBuildTech #architectdigivolution #revolusiindustri #arsitektur #INCEPTION #attayaarchitects #KUNKUN3D #BIM #skalacourse #gaming #virtualreality #VR #AR #augmentedreality #teknologi #gadget

32 views

Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png