• Aishah Faudina

KAD bicara Little Collins Bandung

Updated: Aug 28, 2019


Kota Bandung merupakan tujuan wisata di Indonesia yang selalu memiliki daya tarik tersendiri. Selain dikenal dengan bangunan heritagenya, Bandung juga memiliki berbagai bangunan restoran atau café dengan desain yang unik dan menarik.

Salah satunya yaitu restoran Little Collins yang terletak di Jl. Sumatera ini kota Bandung. Berbeda dari bangunan sekitarnya, Little Collins menggunakan kayu hampir 90% untuk fasad bangunannya. Konsep industrial ditonjolkan dalam struktur bangunan bermaterial baja yang diekspos dan dikombinasikan dengan permainan kayu. Selain industrial, konsep tropis juga terlihat dari penggunaan tanaman yang cukup rimbun di sekitar bangunan.

Pada enterance restoran terdapat selasar yang membagi massa bangunan Little Collins. Dari selasar ini konsep tropis yang dikombinasikan dengan konsep industrial akan sangat terasa. Penggunaan plafon dengan material kayu yang berupa kisi-kisi ini tetap memperlihatkan struktur atap selasarnya sendiri. Tidak hanya di selasar, plafon kisi kayu ini juga digunakan di area makan pada massa bangunan yang pertama.

Ketika memasuki massa bangunan yang pertama, terdapat meja bar bernuansa batu alam berwarna hijau untuk dindingnya dan putih marmer pada mejanya dengan desain plafond yang bermain antara material besi juga papan kayu. Terdapat juga kursi bar dengan nuansa Ivory yang menggabungkan antara suasana industrial namun tropis pada area bar ini.

Pada lantai 2 terdapat beberapa kombinasi desain warna dan bentuk pada sofa yang menciptakan suasana lebih “comfy”. Di lantai ini kesan industrial juga lebih terasa karena struktur atap dan kolom yang diekspos dan di cat warna hitam terlihat dengan jelas. Penggunaan atap kaca menjadi sumber cahaya baik bagi lantai 2 maupun lantai 1 bangunan. Untuk mengurangi rasa panas, atap kaca dikombinasikan dengan atap genteng biasa yang dari dalam ruangan diberi pelapis papan kayu sehingga ruangan ini tetap memiliki keselarasan.

Beralih ke massa bangunan selanjutnya, konsep terbuka lebih dikeluarkan pada area ini. Dengan tidak adanya dinding dan penggunaan atap kaca menjadikan area makan ini semakin menyatu dengan area luarnya sehingga cahaya dan udara dapat masuk ke seluruh area bangunan. Di area makan ini terdapat partisi berupa batang kayu yang disusun dengan rapih. Partisi tersebut merupakan pembatas ruang publik dan ruang servis yang berupa dapur dan mushala.

Pada area lainnya, terdapat taman tanpa atap dengan rumput sintesis yang dilengkapi dengan ayunan, bean bag dan meja kayu.

Untuk desain toilet terdapat kombinasi dinding unfinish yang dipadukan dengan batu alam yang sesuai dengan konsep bangunan. Wastafel yang dipadukan dengan meja kayu dan struktur dari cermin yang diekspos juga memberi kesan industrial yang kekinian.

Little Collins merupakan salah satu contoh dari banyaknya varian desain cafe dan restoran dengan desain yang mengikuti tren keinginan pengunjung. Konsep industrial, minimalis, skandinavia, mid century dan masih banyak lagi akan terus menjadi permintaan dalam desain-desain cafe dan restoran di Bandung.

#resto #cafe #bar #littlecollins #tropical #industrial #instagramable #kenyamanan #liburan #bandung #unik #outdoor #exposedstructure #comfy #homy #tropis #openspace #KAD #firma #kadfirmaarsitektur #kad #beautiful #firm #publicspace #buildingreview #buildings #arsitekturbandung #arsitek #arsitekturarsitektur #arsitektur #arsitekindonesia #arsitektureklektik

185 views

Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png