• della Soelistyawati

Starfield Library, The New Concept of Library

Updated: Aug 29, 2019


Starfield Library atau Byeol-Madang Library yang terletak di lantai basement COEX Shopping Mall Seoul membuktikan bahwa perpustakaan tidaklah harus formal, kaku dan sunyi. Perpustakaan merupakan ruangan atau bangunan dengan desain yang cukup -tricky- bagi arsitek, namun pada Mei 2017, COEX mall menyediakan perpustakaan dengan desain yang stylish seluas 2800 m2 yang menjadi area publik untuk beristirahat, membaca buku atau menunggu selama di mall. Terletak di Parnas Tower yang merupakan hall pusat dari COEX Mall, Starfield Library mudah diakses dari berbagai arah.

Perpustakaan ini terdiri dari 2 lantai dengan tipologi lantai dua berupa balkon dengan meja dan kursi untuk membaca buku. Ketinggian ruangan ini yaitu 13 m yang sama seperti tinggi rak berisi hampir 50.000 buku.

Interior menjadi titik utama perhatian pada desain Starfield Library. Penggunaan material kayu pada lantai membuat ruangan tersebut menjadi hangat dan senada dengan rak buku. Bentuk ruangan yang terbuka dengan beberapa escalator sebagai penghubung dengan balkon di lantai 2 menghasilkan suasana terbuka yang fleksibel dan dinamis. Desain balkon juga dibuat tidak simetris agar ruangan terasa tidak kaku dan monoton. Tanpa menggunakan plafond, Starfield Library langsung bertemu dengan skylight kaca yang memiliki struktur baja ekspos sebagai nilai tambah estetikanya.

Pada malam hari, perpustakaan ini juga tetap indah dengan desain pencahayaan buatan dari beberapa titik rak buku.

#futuristic #arsitek #arsitekturarsitektur #arsitekturseoul #arsitekturkorea #korea #SOUTHKOREA #seoul #architectseoul #architecture #modernarchitecture #modern #design #library #librarydesign #starfield #byeolmadang #concept #interior #arsitektur #buildingreview #buildings #interiorreview #review #reviewdesain #desain

19 views

Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png