top of page
  • Writer's pictureYasinta Rachma

KAD bicara NuArt Sculpture Park

Updated: Aug 28, 2019


Nuart sculpture park (Pict: KAD Firma arsitektur)

NuArt Sculpture Park merupakan sebuah museum galeri seni patung dan lukisan karya I Nyoman Nuarta yang berlokasi di Jalan Setraduta KII/11, Bandung, Jawa Barat. Berdiri di atas lahan seluas 3000 M² dengan luas bangunan 1000 M², Bangunan museum galeri ini memiliki gaya ekspresif dan dinamis pada bagian fasadnya. Fasad pada bagian hall sangat mengekspresikan elemen stuktur yang diekspos. Finishing warna putih gading pada rangka struktur dan kusen terlihat sangat kontras dengan warna biru pada elemen kaca.

Terdapat pintu-pintu yang menjadi keunikan pada area hall karena ukurannya yang tidak biasa. Pintu ini didesain dengan rangka yang dibentuk belah ketupat dan difinish putih gading, senada dengan fasad pada area hall lainnya.

Fasad bagian belakang dibuat seolah-olah terbagi menjadi dua bagian, bagian atas dan bagian bawah. Bagian bawah terbuat dari material beton ekspos dengan aksen keramik hijau yang disusun membentuk belah ketupat. Kesan ekspresif dan dinamis terlihat dari dinding beton yang didesain seperti terkelupas dan menyisakan dinding kaca berwarna hijau di bagian atas fasadnya.

Elemen struktur yang diekspos menjadi poin yang sangat kuat pada bagian interior galeri. Penggunaan struktur waffle mengekspresikan keseragaman bentuk antara fasad luar dan interior dalam. Interior galeri banyak menggunakan material beton ekspos, lantai terrazzo, dan cat putih.

Selain sebagai akses ke lantai atas, tangga pada area hall didesain meliuk-liuk dan menjadi fokus utama interior.

Area outdoor NuArt Sculpture Park menerapkan bahan material alami seperti batu sikat pada bagian lantai dan dinding dengan tone warna abu-abu.

tampak belakang galeri

Kawasan NuArt Sculpture Park merupakan sebuah maseum galeri yang memadukan desain ekspresif modern pada bangunan dengan alam di sekitarnya. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan material alam dan pemilihan warna pada bangunan serta interaksi antara bangunan dan lingkungan sekitar.

639 views0 comments

Recent Posts

See All

K+AD
F I R M A  A R S I T E K T U R

bottom of page