• KAD Firma Arsitektur

Kad bicara Dongdaemun Design Plaza


Dongdaemun Design Plaza (Picture : Dok Pribadi)

INTRODUCTION


Bangunan Dongdaemun Design Plaza atau DDP didesain oleh salah satu arsitek legendaris Britania yaitu Zaha Hadid. Zaha Hadid dikenal sebagai arsitek inovatif yang terus-menerus bereksperimen pada desain arsitektur. Zaha Hadid juga merupakan wanita pertama yang memenangkan Hadiah Arsitektur Prizker pada tahun 2004. Karya-karya besar beliau antara lain Guangzhou Opera House, Jembatan Sheikh Zayed di Abu Dhabi, dan masih banyak lagi.


DDP sendiri merupakan salah satu hasil karyanya yang bermula dari suatu internasional design competition yang diselenggarakan pada Agustus 2007.


Konsep dari zaha hadid yaitu Metonymic Landscape menjadi pemenang yang kemudian dibangun tahun 2009 dan selesai di tahun 2013 dengan namanya yaitu Dongdaemun design Plaza. Dalam proses konstruksi desain DDP juga berkolaborasi dengan arsitek lokal yaitu SAMWOO Architect.





ABOUT


DDP terletak di pusat distrik Dongdaemun tepatnya di lokasi bekas stadion Dongdaemun. Distrik ini merupakan distrik bersejarah yang mengalami pembaharuan menjadi daerah shopping center dan cafe.


Dongadaemun Design Plaza (Picture : Google)

Bangunan ini memiliki luas lahan sekitar 62.692 m2 dan luas bangunan 86574 m2. Panjang bangunan mencapai 280 m sedangkan lebarnya mencapai 188 m.


Diketahui juga bahwa bangunan ini memiliki ketinggian 29 m yang terdiri dari 7 lantai dengan 4 lantai di atas lantai dasar dan 3 sisanya berada di basement dengan kapasitas parkir mencapai 300 mobil.


Berkonsep pada 'new landscape of Dongdaemun', zaha hadid menambahkan nilai 'the new future' pada sejarah, budaya, sosial dan ekonomi untuk area dongdaemun. Zaha Hadid berfokus pada dinamika Dongdaemun, yang terus-menerus berubah dari awal fajar hingga malam. ia menciptakan ruang di mana benda-benda alami dan artefak berlanjut dengan mulus melalui bahasa arsitektur yang unik yang terdiri dari bentuk2 kurva, permukaan melengkung, dan garis diagonal. Berdasarkan konsep ini, DDP menjadi simbolisme untuk Dongdaemun.



Dongdaemun Design Plaza (Picture: google)


Desain ddp berupaya mengintegrasikan taman dan alun-alun dengan mulus sebagai satu kesatuan, mengaburkan batas antara arsitektur dan alam dalam lanskap yang mengalir terus menerus.


CONTEXT


Kawasan DDP terbagi menjadi 4 area utama yaitu Bangunan Utama DDP, Dongdaemun History Museum, Dongdaemun Stadium Memorial dan Restored Castle Wall. Sedangkan untuk bangunan utama DDP terdapat fasilitas Art Hall, Museum, Design Lab, Oullim Square dan Dongdaemun History & Culture Park.


1. The Art Hall

Merupakan area tertinggi pada kawasan ddp. The Art Hall ini memiliki ketinggian sekitar 9-16 m dan berfungsi sebagai ruang serbaguna. Karakteristik pada area ini yaitu terdapatnya lekuk-lekuk putih yang indah dan didominasi oleh dinding-dinding putih.


2. The Museum

The Museum terdiri dari beberapa tipe ruang pameran seperti Design Museum, Design Exhibiton Hall & Design Pathway. Yang paling unik di area ini adalah The Design Pathway. Pengunjung akan dibawa mengalir melalui ramp dari lantai B2 sampai ke lantai 4 sambil melihat pameran-pameran di dindingnya.


3. Design Lab

Desain Lab terdiri dari area-area toko dan Academy Hall.


4. Oullim Square

Oullim Square merupakan sebuah plaza yang bisa digunakan oleh umum. Area ini terletak mengolong dibawah bangunan dan menjadi sebuah wind tunnel.


5. Dongdaemun History & Culture Park

Area ini merupakan taman dengan luas 4110 m2 yang dilengkapi dengan galeri pameran.


SHAPE CONCEPT


Bentuk DDP yang unik dan tidak biasa seolah-olah tidak mungkin untuk dibangun bahkan untuk dilihat dalam bentuk gambar 2 dimensi. Maka dari itu, DDP menjadi proyek pertama untuk ruang publik yang dilakukan oleh pemerintah korea dengan menggunakan BIM untuk desain detail dan tahapan konstruksi.


Dalam proses desainnya, Zaha Hadid menggunakan software Rhino Parametric Modelling sedangkan Samsung Construction & Engineering (SCE) yang merupakan konsultan struktur dan mep masih menggunakan metode desain yang tradisional. Maka dari itu, tim Gehry Consultant yang merupakan konsultan BIM ikut berkolaborasi untuk menerjemahkan desain dari SCE.


Bentuk bangunan yang unik ini juga mempengaruhi desain fasad pada DDP.

Eksterior DDP dilapisi dengan 45.000 panel aluminium yang berbeda-beda, termasuk 14.000 panel datar dan 31.000 panel melengkung. Agar berhasil mengimplementasikan konstruksi panel eksterior, Samsung C&T memproduksi peralatan cutting dan cutting melengkung sekunder pertama di dunia, yang mencakup semua teknologi pembentukan logam seperti kapal, pesawat terbang, dan mobil.


Fasad Dongdaemun Design Plaza (Picture: Google)

Dalam proses pembuatan panel eksterior yang berbeda melalui BIM, dimungkinkan untuk mengautomatisasi produksi tanpa kesalahan dan dimungkinkan untuk memasangnya sekaligus tanpa harus memperbaikinya lagi selama pemasangan.


Untuk menciptakan suasana yang unik, Dongdaemun Design Plaza memperkenalkan berbagai jenis beton ekspos yang tidak biasa di dalam dan di luar gedung. Untuk produksi bekisting kolom dalam yang tidak lazim, baja tahan karat dan aluminium diaplikasikan bersama dengan peralatan cetakan panel luar untuk mewujudkan beton ekspos yang halus dan tidak beraturan.


Dongdaemun Design Plaza (Picture : Zaha Hadid Architects)

Gubahan DDP ini juga dapat menciptakan efek visual dinamis tergantung pada kondisi pencahayaan dan perubahan musim atau tergantung kondisi eksternal bangunan. Pada malam hari, bangunan akan memantulkan semua lampu LED dan lampu neon dari bangunan di sekitarnya. Dengan interaksi pencahayaan penerangan fasad built-in, penampilan bangunan akan dianimasikan dan mengambil karakteristik pengaturan kota yang unik.


Untuk Finishing interior dari Dongdaemun Design Plaza adalah papan gypsum alami, gypsum yang diperkuat serat gelas (GG board), yang merupakan bahan finishing ramah lingkungan serta dapat mewujudkan permukaan melengkung dalam bentuk tiga dimensi yang tidak beraturan yang dirancang dengan lengkungan dan bentuk seperti panel eksterior, bahan penyerap suara dan marmer buatan.



Untuk strukturnya, Mega Truss dan Space Frame diaplikasikan agar menciptakan ruang di mana pilar-pilar itu tidak terlihat bersamaan dengan kurva yang mengalir bebas dan bergelombang.


Ini adalah rangka raksasa yang memasuki struktur besar seperti jembatan untuk mendukung rangka ruang kantilever dengan bentang panjang dan permukaan melengkung dengan bingkai ruang. Hal ini menyebabkan terdapatnya ruang-ruang besar tanpa pilar di dalam DDP.


Struktur DDP (Picture : Zaha Hadid Architects)

Selain konsep bentuk, fasad, interior dan strukturnya. Bangunan ini juga concern terhadap konsep sustainability. DDP dilengkapi dengan sistem pemanas yang ramah lingkungan dan hemat energi, dipasang di kedalaman 150m di bawah tanah. Fasilitas ini mempertahankan suhu sekitar 12 derajat sepanjang tahun. Itu dilengkapi dengan 88 pipa, pemanasan dan pendinginan berbagai area bangunan.



Pesan dari Zaha Hadid adalah Arsitektur harus memungkinkan bagi orang untuk memikirkan hal-hal yang tidak dapat mereka pikirkan. Sama seperti bangunan dongdaemun design plaza yang dirancang untuk perubahan dan pertumbuhan budaya yang berkelanjutan.


Dongdaemun Design Plaza (Picture : flickr)


162 views

Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png