• della Soelistyawati

Eklektik dalam Hotel Tijili Seminyak Bali

Updated: Sep 10, 2019


Bali selalu terkenal dengan beragam penginapan yang membuat turis kelewat nyaman untuk berlibur disana. Dari penginapan dengan nuansa tradisional Bali yang khas sampai modern kontemporer yang kekinian. Salah satunya adalah Hotel Tijili di kawasan Seminyak Bali, hotel ini memberi warna baru dalam keberagaman arsitektur hotel di Bali.

Dimulai dari fasadnya yang menggunakan material ramah lingkungan berupa batu alam, genteng palentong, papan kayu dan tanaman rambat, hotel ini memberi kesan khas bangunan Indonesia tetapi dalam bentuk yang telah dimodifikasi.

Namun ketika memasuki lobby, suasana berubah 180 derajat menjadi gaya kontemporer dengan warna-warna pastel yang stylish dan disenangi 'anak muda jaman sekarang'. Terdapatnya ornamen bidang geometris berwarna pastel yang terbuat dari kayu menjadi ciri khas dari interior hotel ini.

Penggunaan material yang unik terlihat di setiap sudut hotel ini. Seperti misalnya pada area restaurant, penggunaan kombinasi antara lantai floor hardener yang dilukis mural dengan lantai kotak-kotak berwarna ungu, kuning, putih dan pink juga penggunaan furniture kayu bernuansa pastel. Di restaurant ini juga terlihat pipa-pipa yang di ekspos untuk kebutuhan dekoratif.

Masih dengan nuansa yang sama, area kolam renang pun banyak menggunakan warna pastel dengan pemandangan ke balkon kamar yang dicat berbeda untuk setiap balkonnya.

Sedangkan pada kamar tidur, tidak didesain terlalu mencolok seperti ruangan-ruangan lainnya. Desain kamar tidur di hotel ini cukup sederhana namun tetap nyaman.

Gaya eklektik merupakan percampuran beberapa gaya desain dari beberapa periode waktu dan tempat yang berbeda tapi dikombinasikan menjadi satu. Gaya klasik, modern, kontemporer, tradisional, semuanya bsia digabungkan dalam satu ruangan. Seperti yang terlihat di hotel yang didesain oleh Ridwan Kamil ini, perpaduan antara gaya nusantara dan kontemporer telah menghasilkan gaya Tijili itu sendiri. Gaya yang kekinian tetapi juga tetap rendah hati. Gaya yang kaya akan detail dan elemen dekoratif yang variatif namun membuat keharmonisan dalam interiornya.

Nama Tijili sendiri berasal dari nama sebuah motif dan merupakan simbol dari Dewi Sri. Selain namanya, motif Tijili juga dipakai sebagai logo dari Tijili Hotel yang berada di Jalan Drupadi ini.

Untuk info dan gambar lainnya tentang Tijili Seminyak bisa dilihat dari link dibawah ini :

https://tijili-hotel.com/seminyak/

Batam, 26 Januari 2018

K+AD Firma Arsitektur

Dokumentasi : K+AD Firma Arsitektur

Channel Youtube : K+AD Firma Arsitektur

Instagram : @kadfirmaars

Website : www.kadfirmaarsitektur.com

#seminyak #arsitekindonesia #firm #reviewdesain #modern #modernarchitecture #boutiquehotel #indonesia #buildings #intagood #studio #archdaily #render #buildingreview #desain #3d #desainhostel #design #tijili #hotel #hotelarchitecture #arsitekturhotel #hotelreview #eklektik #arsitektur #arsitekturbali #ridwankamil #arsitektureklektik

0 views

Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png