Copyright © 2017 K+A D . All rights reserved.

 

F I R M A   A R S I T E K T U R

Horizontal.png
  • della Soelistyawati

Chinatown Bandung, Sang Bioskop yang Pernah Terlupakan

Updated: Sep 6, 2019


Kawasan Jenderal Sudirman Bandung hanyalah sebagian kecil dari kawasan pecinan yang terdapat di kota Bandung. Kawasan tersebut didominasi oleh pedagang-pedagang beretnis Tionghoa yang menetap, berkeluarga dan berdagang di area tersebut. Tipologi rumah Cina yang memiliki karakter arsitektur yang khas akan kebudayaan etnis Tionghoa hanyalah berdiri selama puluhan bahkan ratusan tahun tanpa dipedulikan orang. Sampai akhirnya pada tahun 2017, beberapa pihak yang didukung oleh pemerintah kota Bandung melakukan pembugaran pada salah satu bangunan bekas bioskop milik yayasan Permaba (Persatuan Masyarakat Bandung) di jalan Klenteng yang kini disebut Chinatown Bandung.

Chinatown ini berisi museum kecil tentang sejarah pedagang Cina yang datang ke Indonesia dengan di latar belakangi dekorasi yang detail khas peranakan seperti lampion, sarang burung, guci keramik, sepeda ontel, mural kampung cina, barongsai hingga jembatan merah yang biasa dilihat di film-film mandarin. Spot tersebut menjadi spot favorit bagi wisatawan untuk berfoto ria.

Walaupun hampir 70% dari isi Chinatown ini bukanlah asli hasil dari pemugaran bangunan atau merupakan ornamen buatan yang baru dibuat, gubahan fasad bangunan Chinatown ini masihlah asli dan hanya diberi tambahan berupa elemen estetika seperti mural, lampu dan signage yang mengundang wisatawan untuk berkunjung.

Selain sebagai area untuk menjelajahi sejarah kota tua Cina di Bandung, Chinatown ini berisikan jajanan-jajanan yang biasa ditemui di food street kawasan pecinan. Semoga kedepannya, tidak hanya bangunan ini saja yang mengalami pembugaran, melainkan satu kawasan jalan Klenteng atau bahkan jalan Sudirman yang sangat orisinil nuansa pecinannya, seperti Pecinan Semarang atau bahkan Jonker Street di Melaka.

Sehubungan dengan hari Imlek yang jatuh pada hari ini,

K+AD Firma Arsitektur mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2018. Semoga senantiasa diberi kesehatan, kedamaian dan kesejahteraan.

Untuk info dan gambar lainnya tentang Chinatown Bandung bisa dilihat dari link dibawah ini :

https://www.chinatownbandung.com/

Batam, 16 Februari 2018

K+AD Firma Arsitektur

Dokumentasi : K+AD Firma Arsitektur

Channel Youtube : K+AD Firma Arsitektur

Instagram : @kadfirmaars

Website : www.kadfirmaarsitektur.com

#chinahouse #reimagining #arsitektureklektik #arsitekindonesia #kad #beautiful #buildings #buildingreview #by #pecinan #peranakan #oldtown #kampungcina #tionghoa #reviewdesain #arsitekturarsitektur #arsitektur #jalanarsitek #kadfirmaarsitektur #bandung #klenteng #instapic #love

73 views